Apa sih Pendaftaran UTBK, SBMPTN, SNMPTN dan LTMPT?

Bagi calon mahasiswa baru (MABA) yang akan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi perlu mengetahui istilah yang berkaitan dengan proses pendaftaran sebagai mahasiswa, terlebih bagi siswa yang lebih interest melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

utbk

Tidak sedikit calon mahasiswa masih kebingungan bagaimana proses yang harus ditempuh untuk bisa menjadi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi yang diinginkan dan sesuai dengan bakat, minat yang ada pada diri siswa.

Seorang siswa yang sedang berada pada tingkat kelas 12 sekolah menengah sudah mulai mengantisipasi langkah apa yang harus dilakukan untuk bisa masuk ke bangku kuliah, jurusan apa yang harus diambil agar linear dengan bidang studi yang digeluti dibangku kuliah.

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa istilah yang berkaitan proses masuk menjadi mehasiswa di perguruan tinggi negeri.

Apa itu Pendaftaran UTBK?
Banyak pertanyaan tentang apa itu pendaftaran UTBK dari para calon mahasiswa. Bagaimana tidak, kemunculan istilah UTBK di tahun 2019 membuat para mahsiswa mendapat tambahan proses dalam mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di perguruan tinggi negeri.
utbk

Dibandingkan dengan proses pendaftaran mahasiswa tahun 2018 kebelakang hal ini tidak ditemukan. Lalu apasih pendaftaran UTBK?

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. UTBK adalah singkatan untuk mempermudah pengucapan dalam mensosialisasikan proses baru dalam mendaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi negeri.

Pemahaman Simpel Pendaftaran UTBK adalah ujian menggunakan sarana komputer dalam hal ujian seleksi, sesuai dengan yang tertuang dalam pasal 3 ayat 2 PERMENRISTEKDIKTI Nomor 60 Tahun 2018.

Apa itu SBMPTN?
Istilah ini juga tidak asing kita dengar menjelang awal tahun akademik periode perkuliahan semester awal di setiap perguruan tinggi negeri. SBMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

sbmptn

Pada tahun 2019 SBMPTN hanya mengacu pada hasil UTBK saja, berbeda dari tahun sebelumnya dimana SBMPTN mengacu dari hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasi Komputer (UTBK) dalam artian sebagaian tes kompetensi berbasis UTBC dan sebagian tes kompetensi berbasis UTKBK.

Kesimpulannya adalah SBMPTN adalah tahapan yang akan dilalui oleh calon maba yang dinyatakan lulus pada UTBK.

Apa itu SNMPTN?
Istilah atau singkatan yang hampir sama penyebuatannya dengan SBMPTN hanya berbeda satu huruf yaitu pada huruf kedua, coba diperhatikan SBMPTN dan SNBPTN.

snmptn

SNPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional. Dari sisi tujuan secara umum hampir sama dengan SBMPTN yaitu untuk mendapatkan mahasiswa yang unggul, berkualiatas dan mampu menyelesaikan studi dengan standar akademik yang sudah ditetapkan.

Perbedaan yang signifikan antara SNMPTN dengan SBMPTN adalah pada kriteria calon mahasiswanya.

SNMPTN merupakan jalur khusus seleksi bagi siswa yang berprestasi untuk ikut bergabung menjadi mahasiswa pada Perguruan Tinggi Negeri dengan mengacu pada rekam jejak hasil pendidikan seorang siswa dari awal mengenyam bangku penddidikan menengah sampai akhir, secara umum menggunakan indicator prestasi nilai raport dari kelas 10 samapi 12 dan prestasi-prestasi lainnya yang pernah diraih semasa sekolah.

Sedangkan SBMPTN adalah jalur umum seleksi bagi calon mahasiswa untuk ikut bergabung pada suatu perguruan tinggi negeri dengan mengacu pada hasil UTBK saja.

Apa itu LTMPT?
Sebuah lembaga yang mengelola dan mengolah segala tetek bengek proses model seleksi calon mahasiswa yang akan bergabung di Perguruan Tinggi Negeri. LTMPT adalah singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

ltmpt

Penjabaran di atas mengenai UTBK, SBMPTN dan SNMPTN adalah suatu proses dan model seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri yang dikelola oleh suatu lembaga yang bentuk dan disepakati berdasarkan undang-undang dan peraturan kementrian riset dan teknologi (KEMENRISTEKDITKI) yang disebut dengan LTMPT.

Demikian artikel tentang Apa sih Pendaftaran UTBK, SBMPTN, SNMPTN dan LTMPT yang dirangkum dari berbagai sumber yang terpercaya dengan tujuan untuk membantu para siswa/ calon mahasiswa baru dalam memahami hal-hal yang berkaitan dengan istilah atau singkatan yang sering kita temukan dalam proses pendaftaran mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri.

Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan para calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam mengikuti proses seleksi mahasiswa baru, hal-hal kurang dalam artikel ini bisa menjadi bahan diskusi bersama di kolom komentar pada blog ini.

Referensi:
https://www.ltmpt.ac.id/index.php?mid=3
Untuk pendaftaran UTBK https://pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id
Untuk Informasi SBMPTN https://sbmptn.ltmpt.ac.id/?mid=1
Untuk informasi SNMPTN http://snmptn.ac.id

Tidak ada komentar