Tanya Arti Mabruk Alfa Mabruk Pada Anak di Pesantren


Pada suatu ketika di sebuah Pondok Pesantren terlihat para santri sedang mempersiapkan banyak hal seperti akan ada suatu acara yang akan digelar ditempat itu.

Masing-santri santri terlihat antusias satu sama lain, saya sebagai wali dari salah satu santri yang mondok ditempat itu ikut menikmati aktivitas yang dilakukan oleh penghuni tempat itu.

mabruk alfa mabruk

Kebetulan saya sedang berada di salah satu tempat area pondok untuk mengantarkan kebutuhan anak saya yang dipesan minggu kemarin.

Terdengar lantunan kalimat mabruk alfa mabruk semakin ramai yang keluar dari lisan para santri yang berkumpul tersebut.

Dengan sedikit keheranan aku menanyakan arti mabruk alfa mabruk tersebut kepada anakku, dimana dia baru terdaftar sebagai santri dan masih belum memahami banyak hal terkait aktivitas yang dilakukan para santri tersebut.

Sehingga terjadilah dialog kecil antara aku dan anakku mengenai arti kalimat tersebut:

Q: “Nak apakah arti mabruk alfa mabruk tersebut?”.
A: “He, itu ucapan ulang tahun Pak.“
Q: “Ucapan ulang tahun“ Tanyaku sedikit kebingungan “Tidak pakai kalimat Selamat ulang  tahun“. Aku balik menjawab. “Atau happy birthday seperti cara kita lakukan dirumah.“
A: “Begini Pak, Mabruk Alfa Mabruk artinya Selamat Ulang Tahun“. Jawaban spontan dari anakku, “Itu adalah lagu ulang tahun versi bahasa arabnya!. “ Ungkapnya.
Q: “Ough,“ aku mencoba memahami, “Enak juga kedengarannya, Adem!.“ Sambil terus memperhatikan.
A: “Emang gitu nyainyian kami disini Pak!, khas ulang tahun Santri. He.“ Sembari dia meletakkan barang bawaanku ke lemarinya. “Aku jelasin ya Pak!“
Q: “Iya, coba jelasin dikit, biar Bapak lebih Paham.“ Aku siap menunggu penjelasan dari anakku.
A: “Begini Pak, Mabruk Alfa Mabruk itu kalau diartikan dalam bahasa Indonesia artinya Selamat Hari Lahir, Itu artinya Pak.“ Dengan nada pelan anakku menjelaskan.
Q: Dengan segera aku bertanya balik: “Terus, ngomong-ngomong siapa yang ulang tahun Nak.“
A: “Pak Ustadz, kemarin aku denger sepulang ngaji dari kakak kelas, Makanya temen-temen yang ikut jadi panita pada sibuk memeprsiapkan acara seperti Pembacaan Zikir dan Sholawat, kebetulan acaranya nanti sore habis Tahfiz di halaman Aula.”
Q: “Sejuk sekali ya Nak, kalau cara ulang tahun kek gini, Bagaiman kalau nanti ulang tahunmu kita buat kayak gitu, agar nuansanya lebih islami.”
A: “Aku ulang tahunkan masih lama Pak, tinggal 3 bulan lagi.“
Q: Sambil mengingat-ngingat aku menawarkan “Eh, bulan depankan ulang tahun adikmu, Gimana?.“
A: “Tanpa berfikir panjang anakku nyahut “Betul Pak, kasi tahu Ibu ya, biar ibu juga siap.“
Q: “Beres Nak, sekali-kali kita buat acara ulang tahun bernuansa islami kek gini, Biar nanti para tamu undangan sekalian acara zikir dan doa bareng.“

Begitulah obrolan yang terjadi dengan Dhoni Putra Sulungku yang baru masuk di Pondok Pesantren.

Jadi Mabruk Alfa Mabruk adalah kalimat ucapan ulang tahun biasanya dilakukan dikalangan para santri untuk membuat suatu acara milad atau ulang tahun.

Lebih jelasnya beginilah penjelasan yang saya terima dari dialog dengan ku yang mencoba menjelaskan secara rinci.

Tulisan Arab:
مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ

Pengucapan:
MABRUK ALFA MABRUK

Artinya:
SELAMAT HARI MILAD, SEMOGA DAPAT RAHMAT

mabruk alfa mabruk habib rizieq syihab

Setelah mencari tau lebih lanjut tentang Mabruk Alfa Mabruk saya mendapatkan tambahan pengetahuan, dan ternyata itu adalah bagian dari penggalan lirik lagu yang diciptakan oleh Al Habib Rizieq Syihab.

Lirik lengkap lagu Mabruk Alfa Mabruk sebagai berikut:

lirik lagu mabruk alfa mabruk
 Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan mengenai arti Mabruk Alfa Mabruk, seperti kejadian yang saya alami diatas.

Tidak ada komentar